Membuat Lagu


Definisi musik menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) yaitu
  1. ilmu atau seni menyusun nada atau suara dalam urutan, kombinasi, dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi (suara) yang mempunyai kesatuan dan kesinam-bungan;
  2. nada atau suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan (terutama yang menggunakan alat-alat yang dapat menghasilkan bunyi-bunyi itu).

Pokok bahasan kali ini adalah tentang membuat lagu.
Mari kita sharing bersama.
Pertama : Mencari tema.
Hal ini bisa didapatkan dimana saja dan kapan saja. Bisa dari menonton film, pengalaman pribadi maupun orang lain atau juga keadaan tentang apa yang dilihat dan didengar. Inti nya semua bisa dijadikan lagu. Bisa juga tema pesanan. Artinya kita diminta dibuatkan lagu oleh orang lain.
Kedua : Mencari nada. 
Nada juga berkaitan dengan aliran musik yang akan dituangkan dalam lagu tersebut. Disini yang saya maksud nada adalah nada dari nada yang dihasilkan oleh gitar atau piano dan nada vokal. Kalau suka Jazz, berilah sentuhan nada jazz dari gitar atau piano kemudian diikuti dengan nada vokal. Begitu juga kalau suka Rock,dangdut dll. Tapi jika pengen bereksperimen dengan mencampur adukkan nada jazz dari gitar atau piano dengan nada vokal rock, nada rock dari gitar atau piano dengan nada vokal jazz, ya silahkan. Tidak ada aturan yang melarang hal tersebut. Jangan lupa merekam nada tersebut dengan hape atau alat perekam lainnya. Agar tidak cepat lupa jika sudah mendapatkan nada yang sesuai atau mungkin mau mengganti nada lagi.
Ketiga : Menulis lirik.
Setelah mendapatkan nada yang menurut pribadi enak didengar dan nyaman dinyanyikan atau dimainkan baru kemudian menulis liriknya. Jika liriknya tidak sesuai atau tidak tepat dengan nada, silahkan memilih antara mengganti lirik atau mengganti nada. Lirik merupakan cara untuk menyampaikan pesan dalam lagu, jadi usahakan pesan tersebut tersampaikan dalam lagu dan pesan itu bisa ditempatkan pada reff atau pada akhir lirik.
Keempat : Membuat Musik.
Nada dan lirik udah mantap dan membuat musiknya. Kembali kepada selera masing-masing ya, mau dibuat seperti apa musiknya. Saya pribadi kalau membuat musik, hanya membuat secara kasar saja kemudian meminta teman (orang yang cocok dalam hal sound dan influence) untuk membuat musik itu tadi menjadi seperti yang saya inginkan.
Kelima : Merekam.
Nah ini yang terakhir. Untuk merekam lagu bisa dilakukan sendiri atau studio rekaman. Kalau saya pribadi kebanyakkan merekam sendiri biar hemat biaya (pake software gratisan dari cool edit) cuma take vokal saja yang ke studio rekaman. Jadi drum, piano atau sound selain gitar dan bass, saya garap dengan Fruity Loop.
Mudah kan ? Ayo belajar bersama !!!
Daripada susah payah menilai karya orang lain, mending kita susah payah menilai karya sendiri.
Untuk lagu2 saya bisa di download di soundcloud: https://soundcloud.com/zimrisinuhaji
Demikian cara Membuat Lagu.
Semoga bermanfaat dan sekali lagi ini hanya sharing pengalaman pribadi, tidak ada niat untuk menggurui. 

Post a Comment for "Membuat Lagu "